Sabtu, 22 Maret 2014

Laporan Hasil Observasi Manajemen Sekolah



LAPORAN HASIL OBSERVASI DI SMP NEGERI 1 BOJONG
                                     MANAJEMEN SEKOLAH 
Laporan ini diajukan guna melengkapi tugas MKU Manajemen Sekolah
Dosen Pengampu :
1.       Dra. Lita Latiana, S.H, M.H
2.      Sony Zulfikasari, S.Pd





Disusun oleh :
Susi Widiyanti (NIM. 4401412059)


UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2013

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan hasil observasi sekolah dengan obyek observasi SMP Negeri 1 Bojong.
Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Penulis mengucapkan terima kasih kepada,
1.      Dra. Lita Latiana, SH, M.H dan Sony Zulfikasari S.Pd, selaku dosen pengampu mata kuliah Manajemen Sekolah.
2.      Segenap jajaran guru SMP Negeri 1 Bojong, sebagai obyek observasi.
3.      Serta kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian.



                                                                                    Semarang,  November 2013
                                                                                                
                                                                                                      Penulis






DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL........................................................................................................1
KATA PENGANTAR.......................................................................................................2
DAFTAR ISI.................................................................................................................... 3
BAB I       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang........................................................................................ 4
B.     Rumusan Masalah................................................................................... 5
C.     Tujuan...................................................................................................... 5
D.    Manfaat .................................................................................................. 5
BAB II      PELAKSANAN
A.    Lokasi observasi........................................................................................ 6
B.     Objek Observasi........................................................................................ 6
C.     Metode Observasi..................................................................................... 6
D.    Waktu pelaksanaan.....................................................................................6
BAB III     PEMBAHASAN
A.    Profil SMP N 1 Bojong........................................................................... 7
B.     Komponen-komponen Manajemen Sekolah............................................ 10
1.    Manajemen Kesiswaan....................................................................... 10
2.    Manajemen Personal........................................................................... 14
3.    Manajemen Anggaran atau Biaya....................................................... 15
4.    Manajemen Husemas.......................................................................... 15
5.    Manajemen Kurikulum....................................................................... 18
6.    Manajemen Layanan Khusus..............................................................19
BAB IV    PENUTUP
A.      Simpulan.................................................................................................. 21
B.       Saran........................................................................................................ 21
LAMPIRAN......................................................................................................................22



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Sekolah sebagai insitusi (lembaga) pendidikan, merupakan wadah tempat proses pendidikan dilakukan, memiliki system yang kompleks dan dinamis. Dalam kegiatannya, sekolah adalah tempat yang bukan hanya sekedar tempat berkumpul guru dan murid, melainkan berada dalam satu tatanan system yang rumit dan saling berkaitan, oleh karena itu sekolah dipandang sebagai suatu organisasi yang membutuhkan pengelolaan. Lebih dari itu kegiatan inti organisasi sekolah adalah mengelola sumber daya manusia yang diharapkan menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat. Oleh sebab itu dalam pelaksanaanya untuk mencapai suatu tujuan yang efektif danefisien suatu sekolah harus memiliki manajemen sekolah yang baik.
Manajemen sekolah merupakan bagian dari manajemen pendidikan , atau penerapan manajemen pendidikan dalam organisasi sekolah sebagai salah satu komponen dari sistem pendidikan yang berlaku. Manajemen sekolah terbatas hanya dalam satu sekolah saja, sedangkan manajemen pendidikan meliputi seluruh komponen sistem pendidikan yang ada. Oleh karena itu, ruang lingkup dan jangkauan bidang kajian manajemen pendidikan lebih luas daripada manajemen sekolah. Kegiatan manajemen sendiri merupakan kegiatan memberdayakan sumber daya yang dimiliki sekolah dengan seefisien mungkin untuk mencapai tujuan sekolah.
Pelaksanaan manajemen sekolah dimulai dari manajemen substansi pendidikan di suatu sekolah atau manajemen berbasis sekolah. Manajemen berbasis sekolah dapat diartikan sebagai model manajemen yang memberikan otonomi lebih besar kepada kepala sekolah, memberikan fleksibilitas/ keluwesan-keluwesan kepada sekolah, dan mendorong partisipasi secara langsung warga sekolah (guru,siswa, kepala sekolah, karyawan) dan masyarakat (orang tua siswa, tokoh masyarakat, ilmuwan, pengusaha, dsb.), untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional serta peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan otonomi tersebut, sekolah diberi kewenangan untuk mengambil keputusan-keputusan sesuai dengan keinginan dan tuntutan sekolah serta masyarakat.
Hal yang paling penting dalam implementasi manajemen adalah manajemen terhadap komponen-komponen sekolah itu sendiri. Sedikitnya ada tujuh komponen sekolah yang harus dikelola dengan baik dalam rangka manajemen berbasis sekolah, yaitu Manajemen Kurikulum dan program Pengajaran, Manajemen Tenaga Kependidikan, Manajemen Kesiswaan, Manajemen Keuangan, Manajemen Sarana Prasarana pendidikan, Manajemen Pengelolaan Hubungan Sekolah dan Masyarakat (Humas), Manajemen Pelayanan Khusus Lembaga Pendidikan.
Dari uraian diatas, observasi sekolah sangat diperlukan untuk mengetahui manejemen sekolah, sehingga dilaksanakan observasi di SMP Negeri 1 Bojong untuk mengetahui bagaimana manajemen sekolah di SMA tersebut.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, masalah dalam laporan observasi ini dapat dirumuskan sebagai berikut
a.       Bagaimana profil atau gambaran umum SMP Negeri 1 Bojong ?
b.      Bagaimana proses Manajemen Komponen-komponen Sekolah yang ada di SMP Negeri 1 Bojong ?
C.    Tujuan
a.       Untuk mengetahui profil atau gambaran umum SMP Negeri 1 Bojong.
b.      Untuk mengetahui proses manajemen komponen-komponen sekolah yang ada di SMP Negeri 1 Bojong.
D.    Manfaat
a.        Bagi mahasiswa
Mahasiswa sebagai calon guru memperoleh pengalaman baru tentang observasi dan menambah wawasan terkait dengan managemen sekolah.
b.       Bagi guru
Guru lebih mengetahui tentang bagaimana managemen sekolah yang baik.
c.       Bagi penulis lain
Makalah ini diharapkan dapat menjadi informasi berharga bagi para penulis guna  menciptakan tulisan yang lebih bermanfaat khususnya untuk bidang pendidikan.




BAB II
PELAKSANAAN

A.    Lokasi observasi
Lokasi observasi adalah SMP Negeri 1 Bojong yang berlokasi di Jl. Raya Bojong, Kec. Bojong, Kab. Pekalongan.

B.     Ojek observasi
Objek observasi adalah setiap komponen-komponen yang ada di SMP Negeri 1 Bojong.

C.    Metode observasi
Metode yang digunakan dalam pelaksanaan observasi ini adalah sebagai berikut :
a.     Wawancara
Metode wawancara ini dilaksanakan dengan melakukan tanya jawab langsung dengan narasumber yang terkait yaitu Guru, TU dan siswa serta anggota sekolah lainnya.

b.    Observasi
Metode observasi ini dilakukan dengan cara mengamati kondisi fisik dan juga proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMP Negeri 1 Bojong.

D.    Waktu pelaksanaan
Observasi ini dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2013.






BAB III
PEMBAHASAN
A.    Profil SMP Negeri 1 Bojong
SMP 1 Bojong merupakan sekolah yang sudah lama berdiri di Kab. Pekalongan. Sebelum menjadi SMP, sekolah ini bernama Sekolah Menengah Ekonomi Pertama (SMEP). Pada tahun 1975 SMEP berubah menjadi SMP Pemda karena pengelolaan di ambil alih oleh Pemertingah daerah. setelah kurang lebih 3 tahun sekolah ini dinegerikan menjadi. Pengerian itu terjadi pada tahun 1978.
SMP 1 Bojong berdiri sejak tahun 1978, berada di ibu kota kecamatan Bojong kurang lebih 8 km dari ibu kota kabupaten Pekalongan yang terletak di Kajen. Kondisi social ekonomi masyarakat di sekitar SMP 1 Bojong banyak yang menggantungkan hidupnya dari pertanian, selain itu juga dari konveksi. Walaupun demikian masyarakat Bojong telah menyadari arti pentingnya pendidikan. Banyak orang tua yang sudah mau menyekolahkan anaknya paling tidak di tingkat SLTP.
SMP 1 Bojong merupakan salah satu sekolah favorit di kabupaten Pekalongan. Hal ini tampak dari rasio pendaftar dengan daya tampung  dari tahun ke tahun selalu meningkat. Animo pendaftar tidak hanya berasal dari kecamatan Bojong tetapi juga berasal dari kecamatan-kecamatan sekitarnya.
Dari sisi prestasi akademis SMP 1 Bojong selalu berada di kisaran ranking 5 besar se kabupaten Pekalongan.
Adapun Profil SMP 1 Bojong secara rinci adalah sebagai berikut:
Nama Sekolah                : SMP 1 Bojong
Alamat                           : Jalan Raya Rejosari Bojong
Kelurahan/Kecamatan   : Bojong, kecamatan Bojong
Kabupaten                     : Pekalongan
No. Telpon                     : (0285) 4438000
1.        NSS                                         : 201032611010
2.        Jenjang akreditasi                    : A
3.        Tahun didirikan                       : 1978
4.        Tahun beroperasi                     : 1978
5.        No. Rekening sekolah             : 0549-01-001062-50-4
6.        Kepemilikan tanah                  : Pemerintah
a.       Status tanah       : SHM
b.      Luas lahan          : 10.087 m2
7.        Status bangunan                      : Milik Negara
a.    Surat ijin bangunan        : -
b.    Luas seluruh bangunan : 2.342 m2
8.        Data ruang kelas dan kondisi
a.       Data ruang kelas :
Keterangan
Jumlah ruang
Ruang kelas (asli)  (a)
24 ruang
Ruang lainnya yang digunakan untuk/sebagai ruang kelas (b)
Yaitu ruang: -
-
Jumlah ruang kelas seluruhnya
24 ruang

b.      Data kondisi ruang :
Keterangan
Jumlah ruang
Ruang Kelas
24 ruang
Perpustakaan
1 ruang
Ruang Lab. IPA
1 ruang
Ruang Lab. Komputer
1 ruang
Keterampilan
-
Lab. Bahasa
-
Ruang Multimedia
1 ruang

9.        Data guru
Keterangan
Jumlah
Guru tetap (PNS)
36 orang
Guru tidak tetap/ Guru Bantu
8 orang
Staf TU (PNS)
9 orang
Staf TU tidak tetap (PTT)
8 orang


10.    Visi Sekolah
“Berprestasi, Berbudi Pekerti berlandaskan IPTEK DAN IMTAQ
Sasaran :
1.      Siswa mampu berprestasi dibidang akademik maupun non akademik.
2.      Siswa memiliki budi pekerti yang luhur, sopan, santun, dan berakhlakul karimah.
3.      Siswa mempunyai ilmu pengetahuan dan teknologi yang luas.
4.      Siswa memiliki iman dan taqwa yang kokoh dan tangguh.
11.    Misi Sekolah
Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki
Sasaran :
2.    Menumbuhkan semangat keunggulan secara  intensif kepada seluruh warga sekolah.
3.    Mendorong dan membantu semua siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat dikembangkan secara optimal.
4.    Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama yang dianut  dan terhadap budaya bangsa, sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
5.    Menerapkan manajemen yang partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan komite sekolah.
12.    Tujuan Sekolah
Berdasarkan visi dan misi sekolah, maka tujuan yang hendak dicapai sebagai berikut :
a.    Rata-rata Nilai Ujian Nasional mencapai maksimal
b.    Meningkatkan kenyamanan siswa-siswi dalam belajar
c.    Menumbuhkan siswa semangat belajar
d.   Meningkatkan prestasi non akademik siswa
e.    Meningkatkan sarana dan prasarana olah raga yang memadai
f.     Siswa mampu menggunakan peralatan ICT
g.    Membentuk siswa yang memiliki jiwa disiplin yang tinggi.
13.    Struktur Organisasi Sekolah
a.    Kepala Sekolah                                      : Usman Safrudin, S.Pd
b.    Waka Ur Kurikulum                              : Casmuti, S.Pd
c.    Waka Ur Kesiswaan                              : Rokhim, S.Pd
d.   Waka Ur Humas                                    : Achmad Sulistyono, S.Pd
e.    Waka Ur Sarpras dan Keterampilan      : Karyoto, S.Pd

B.     Komponen-komponen Manajemen Sekolah
1.      Manajemen Kesiswaan
a.    Perencanaan
Penerimaan peserta didik baru SMP Negeri 1 Bojong dilaksanakan setiap awal tahun pelajaran baru. Penerimaan tersebut dilakukan melalui 2 jalur yaitu jalur prestasi dan jalur reguler. Penerimaan peserta didik baru untuk jalur prestasi dengan kuota 20% sedangkan jalur reguler 80%. Untuk jalur reguler, diseleksi berdasarkan nilai UN. SMP Negeri 1 Bojong tidak menetapkan nilai UN minimal, karena seleksi dilakukan berdasarkan jurnal nilai atau passing grade dengan memenuhi kuota yang disediakan. Dengan demikian, maka calon peserta didik baru setiap hari harus melihat jurnal nilai yang tertinggi dan terendah. Untuk tahun pelajaran 2013/2014 SMP Negeri 1 Bojong memberi kuota sebanyak 288 siswa.
Bagi pendaftar yang telah diterima langsung mendapat pengarahan oleh petugas/panitia. Pengarahan dilaksanakan diruang kelas, adapu pengarahan tersebut mengumumkan tentang daftar ulang. Bagi para pendaftar yangtelah dinyatakan diterima harus daftar ulang. Apabila tidak melakukan daftar ulang, maka dinyatakan gugur/tidak diterima. Bagi siswa baru yang sudah diterima di SMP N 1 Bojong maka sekolah akan memeberikan kartu anggota OSIS atau yang sering disebut dengan kartu pelajar. Selain itu juga ada kartu anggota perpustakaan sekolah yang digunakan untuk peminjaman buku perpustakaan sekolah.
b.    Pembinaan
Pembinaan siswa dilakukan apabila terdapat siswa yang bermasalah. Pembinaan tersebut dilakukan dari pihak kesiswaan yang bekerjasama dengan guru BK. Pihak kesiswaan bersama dengan BK memantau perkembangan peserta didik dengan menggunakan referensi atau acuan yaitu Tata Tertib Sekolah. Dalam tata tertib tersebut telah dijelaskan secara rinci jenis pelanggaran, skor, dan konsekuensinya jika melakukan pelanggaran tersebut. Apabila terdapat peserta didik yang melanggar tata tertib tersebut tahp awal peserta didik tersebut akan diperingatkan, selanjutnya apabila masih tetap melakukan pelanggaran peserta didik akan mendapatkan teguran, kemudian apabila skor yang diperoleh sudah banyak maka dari pihak sekolah akan memanggil orang tua siswa ataupun melakukan kunjungan/home visit ke rumah siswa yang bersangkutan. Apabila siswa tersebut telah melampaui skor maksimal maka siswa tersebut akan di kembalikan keepada orang tuanya atau dikeluarkan.
c.    Evaluasi
Evaluasi pembelajaran dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh tingakat keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan tersebut maka dilakukan ulangan harian, ulangan tengah semester dan ujian akhir sekolah. Apabila dalam tes tersebut nilai siswa belum memenuhi KKM maka siswa tersebut harus mengikuti remedial.
d.   Mutasi
Mutasi atau perpindahan siswa ada 2, yaitu :
1. Mutasi eksternal yaitu pindah sekolah, hal ini terjadi biasanya dikarenakan harus ikut orang tua karena tugas dari dinas. Ataupun siswa tersebut dikeluarkan karena telah melakukan pelanggaran dengan melampaui skore maksimal, maka siswa tersebut harus dikeluarkan atau pindah ke sekolah lain.
2. Mutasi Internal yaitu kenaikan kelas, Siswa dinyatakan naik kelas setingkat lebih tinggi apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :
a.   Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dan memiliki nilai lengkap pada semester 1 dan semester 2 pada tingkatan kelas yang diikuti.
b.   Nilai Rapor semester 2:
·      Nilai dibawah KKM maksimal 4 (empat) mata pelajaran.
·      Tidak memiliki nilai kurang dari atau sama dengan 50.
c.    Ketidak hadiran tanpa keterangan (alpa) dalam satu tahun pelajarn maksimal 10%
d.   Tidak terlibat pelanggaran tata tertib sekolah kategori berat, narkoba, minuman keras dan tindak criminal (didalam atau diluar lingkungan sekolah.
Adapun Program Kerja kesiswaan SMP Negeri 1 Bojong adalah sebagai berikut :
NO
KEGIATAN
WAKTU
1
Hari Pandu Dunia
Juli

Hari koperasi


Upacara Hari Senin


OPDB

2
Pesantren kilat, buka puasa bersama
Agustus

Latihan Paskibraka


Hari Pramuka


HUT RI


HUT Kabupaten Pekalongan


Halal Bi halal

3
Ekstrakurikuler
September-Juni

Penerimaan penggalang baru


Lomba dalam rangka peringatan HUT RI dan


HUT Kabupaten Pekalongan


Jum'at bersih


jambore/LT


LDK


Jalan sehat


Hari PMI


Pemilihan Ketua OSIS

4
Hari Kesaktian Pancasila
Oktober

Hari ABRI


Persiapan Study tour


Hari Raya Idul Adha


Latihan Kurban


Hari Sumpah Pemuda

5
Hari Pahlawan
Nopember

Tahun baru Hijriyah 1434 H


Perkemahan anti narkoba di Linggoasri


Santunan anak yatim


Jum'at bersih


Hari Pahlawan


Hari PGRI

6
Hari AIDS
Desember

Jum'at bersih


peringkat siswa


Classmeeting


Jalan sehat


Hari Natal


HUT SMP 1 Bojong





7
Tahun Baru
Januari

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW


Jalan sehat


jum'at bersih

8
Istighosah
Februari

jum'at bersih


POPDA Seni


MAPSI


Jalan sehat

9
Isthogosah
Maret

Jalan sehat


POPDA


Jum'at bersih

10
Isthighosah
April

jum'at bersih


Jalan Sehat


Hari Kartini

11
Hari Pendidikan Nasional
Mei

Jalan sehat


OSN


Jum'at bersih


Hari Kebangkitan Nasional

12
Hari lahirnya Pancasila
Juni

jum'at bersih


Classmeeting semester genap


Peringkat siswa semester genap


Jalan Sehat

13
Hari koperasi
Juli

Penerimaan Raport


Libur Semester genap


2.      Manajemen Personal
Pengadaan personalia atau tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Bojong dilakukan pada saat perekrutan CPNS. Berdasarkan Peraturan Bupati no. 11 tahun 2005 bahwa tidak diperbolehkan melakukan pengangkatan pegawai secara mandiri. Maka apabila terjadi kekurangan tenaga kependidikan maka pemenuhan tersebut akan dilakukan dengan cara meminjam tenaga kepandidikan dari sekolah lain.
Untuk meningkatkan prestasi tenaga kependidikan  di SMP Negeri 1 Bojong diadakan pembinaan pengembangan karir yaitu dengan cara diikutkan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan IT, workshop, diklat, seminar dan sebagainya. Adapun penilaian kinerja tenaga kependidikan dilakukan setiap setahun sekali, yaitu pada bulan Desember yang diwujudkan dengan DP3 (Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan). Dalam daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan unsur-unsur yang dinilai adalah kesetiaan, prestasi kerja, tanggung jawab, ketaatan, kejujuran, kerjasama, prakarsa dan kepemimpinan. Untuk tenaga kependidikan yang berprestasi biasanya akan mendapat sebuah apresiasi berupa uang tunjangan atau penghargaan dari pihak sekolah.

3.      Manajemen Anggaran atau Biaya
Biaya dalam pendidikan di sekolah merupakan suatu kewajiban yang harus dibayar peserta didik atau siswa, demi kelancaran belajar mengajar yang ada di sekolah. Namun anggaran di SMP Negeri 1 Bojong  semuanya diperoleh dari Pemerintah yaitu berupa Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tidak dari siswa. BOS ini dikirim dari Pemerintah ke Kabupaten dan kemudian ke sekolah, tiap siswa mendapatkan uang sebesar Rp. 710.000,- tiap tahun.
Perencanaan keuangan sekolah digunaka untuk beberapa keperluan sekolah, untuk operasional sekolah, belanja, kebutuhan barang dan jasa. Dalam pelaksanaanya, keuangan di sekolah mendpatkan pengawasn dari dinas dan propinsi. Biasanya pengawasan ini dilakukan oleh tim monitoring yang datang langsung ke sekolah tiap semester. Sedangakan untuk laporan pertanggung jawabannya pihak sekolah bertanggung jawab kepada Pemerintah dengan mengirim Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) tiap bulan sekali.

4.      Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
Manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat SMP N 1 Bojong dilaksanakan oleh seksi humas. Adapun pelaksanaannya adalah sebagai berikut:
A.      Rincian Tugas Pokok Humas
2.    Hubungan sekolah dengan orang tua :
a.       Memberikan pengertian tentang tugas komite sekolah dan seluruh orang tua peserta didik.
b.      Penjelasan kebijakan sekolah.
c.       Penjelasan tanggung jawab pendidikan orang tua peserta didik.

3.    Hubungan sekolah dengan komite sekolah :
a.       Memberikan pengertian komite sekolah tentang tanggung jawabnya.
b.      Pemeliharaan hubungan yang baik antara sekolah dengan komite sekolah.
c.       Menyusun rencana kerja komite sekolah.
d.      Menampung saran, pendapat komite sekolah untuk sekolah.

4.    Hubungan sekolah dengan masyarakat :
a.       Memberikan pengertian masyarakat sekitar sekolah tentang fungsi sekolah.
b.      Melaksanakan pengabdian masyarakat.
c.       Menimbulkan cinta lingkungan bagi guru dan siswa.
d.      Meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangsa.
e.       Menampung saran, pendapat masyarakat untuk kemajuan sekolah.

5.    Hubungan sekolah dengan instasi lainnya :
a.       Menjalin kerjasama dengan instansi lainnya, baik instansi pemerintan maupun swasta.
b.      Mengkoordinasikan kepentingan-kepentingan sekolah dengan pihak lainnya.
c.       Ikut menyukseskan program-program pemerintah.

B.       Bentuk Operasional Humas SMP Negari 1 Bojong
1.      Pada bidang sarana akademik
Tingi rendahnya prestasi lulusan (kualitas maupun kuantitas), penelitian, karya ilmiah jumlah dan tingkat kesarjanaan pendidikannya, sarana dan prasaran akademik termasuk laboratorium dan perpustakaan serta teknologi yang mndukung PBM, termasuk ukuran prestasi dan prestise-nya.
2.      Pada bidang srana pendidikan
Gedung atau bangunan sekolah termasuk ruang belajar, ruang praktikum, kantor dan sebagainya beserta perabot atau meubeler yang memadai akan memiliki daya tarik tersendiri bagi popularitas sekolah.
3.      Pada bidang sosial
Partisipasi SMP Negeri 1 Bojong dengan masyarakat sekitarnya , seperti kerja bakti, perayaan-perayaan hari besar nasional atau keagamaan, sanitasi dan sebagainya akan menambah kesan masyarakat sekitar akan kepedulian sekolah terhadap lingkungan sekitar sebagai anggota masyarakat yang senantiasa sadar lingkungan demi baktinya terhadap pemmbangunan masyarakat.
C.       Uraian Tugas Bidang Hubungan Msayarakat SMP Negeri 1 Bojong Tahun Pelajaran 2013/2014
NO.
JENIS KEGIATAN
A.
1.
2.

3.

B.
1.

2.

3.

4.

5.


6.

7.
C.
1.

2.


3.


4.

5.

6.

7.
PROGRAM UMUM
Melaksanakan koordinasi dengan instasi pemerintah, Dinas terkait.
Koordinasi dengan organisasi sosial/PMI/PUSKESMAS dan organisasi kemasyarakatan.
Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan atau lain yang relevan.
PROGRAM KHUSUS
 Mengagendakan kegiatan rapat sekolah awal tahun pelajaran 2013/2014 .
Rapat koordinasi pengurus komite dengan TIM RKAS dalam mengesahkan RKAS.
Mengadakan kerjasama dengan guru agama dalam meningkatkan imtaq.
Memfasilitasi sarana rapat koordinasi dengan tokoh masyarakat disekitar sekolah.
Mewakili sekolah dalam menyatakan belasungkawa pada keluarga atau orang tua siswa yang meninggal, atau keluarga guru dan TAS SMP N 1 Bojong.
Mewakili kepala sekolah dalam rapat dinas luar sekolah pad jajaran Dinas Pendidikan jika diperlukan.
Pengawasan dan pelaporan kegiatan HUMAS semester dan tahunan.
PROGRAM KOORDINATIF
Berkoordinasi dengan wakasek kesiswaan dalam pelaksanaan upacara bendera dalam memperingati hari besar nasional.
Berkoordinasi dengan urusan kurikulum dan TU serta wakil kepala sekolah dalam menjelaskan program dan kebijakan pimpinan pada rekan guru dan masyarakat.
Berkoordinasai dengan kesiswaan, pembina OSIS dalm hal kegiatan pengiriman kontingan lomba, partisipasi kegiatan luar sekolah, dan instansi lain.
Menngkoordinir kegiatan sekolah yang berhubungan denngan alumni, bersama pembina OSIS.
Mengadakan koordinasi dengan orang tua/wali murid tentang surat keterangan tidak mampu (miskin).
Mengadakan kerjasama dengan guru BK dalam kunjungan rumah/mome visit oada peserta didik yang bermasalah.
Mengkoordinasikan dengan kurikulum dan Kaur. TAS dalam manentukan PIKET libur puasa dan hari raya.


5.      Manajemen Kurikulum
Manajemen kurikulum merupakan subtansi manajemen yang utama di sekolah. Prinsip dasar manajemen kurikulum ini adalah berusaha agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, dengan tolok ukur pencapaian tujuan oleh siswa dan mendorong guru untuk menyusun dan terus menerus menyempurnakan strategi pembelajarannya. Adapun kurikulum yang digunakan di SMP Negeri 1 Bojong yaitu kurikulum 2006 atau KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Pada pelaksanaannya perangkat pembelajaran disusun sendiri oleh tiap guru mata pelajaran yang tergabung dalam Tim MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) se-kabupaten. Penyusunan tersebut dilakukan dengan mengembangkan silabus dan RPP yang di revisi setiap tahunnya. Dalam pelaksanan kegiatan pembelajaran terdapat struktur program pengajaran untuk pembagian tugas guru. Terdapat ketentuan beban mengajar wajib bagi guru SMP Negeri 1 Bojong. Untuk guru yang sudah PNS wajib bertugas 24 jam. Adapun kendala dalam implementasi kurikulum di SMP Negeri 1 Bojong diantaranya yaitu peralatan yang terbatas, media pembelajaran yang terbatas, serta sarana laboratorium yang masih kurang memadai, dengan jumlah rombel yang besar sementara ruang laboratorium yang tersedia hanya ada satu ruangan.

6.      Manajemen Layanan Khusus
Manajemen layanan khusus meliputi manajemen perpustakaan, kesehatan, dan keamanan sekolah. Manajemen komponen-komponen tersebut merupakan bagian penting dari MBS yang efektif dan efisien. Adapun layanan khusus yang dimiliki SMP Negeri 1 Bojong diantaranya yaitu :
a.       Layanan Perpustakaan
Di SMP Negeri 1 Bojong mempunyai perpustakaan yang menyediakan buku-buku pelajaran serta sebagian media yang digunakan untuk proses belajar mengajar, seperti TV dan DVD player. Perpustakaan sekolah buka mulai pukul 07.00-12.00 WIB. Selain digunakan untuk kegiatan membaca, perpustakaan juga digunakan untuk mengerjakan tugas dan proses belajar mengajar yang memerlukan media tertentu, seperti TV dan DVD player. Ada persyratan bagi siswa-siswi yang ingin meminjam buku-buku di perpustakaan, yaitu harus mempunyai kartu perpustakaan sekolah.
b.      Layanan Kesehatan (UKS)
Unit kesehatan Sekolah digunakan untuk melayani dan menampung sementara bagi siswa-siswi yang mengalami gangguan kesehatan. UKS di SMP Negeri 1 Bojong terdiri dari 2 kamar tidur,  dan terdapat obat-obatan.
c.       Layanan Bimbingan dan Konseling
Di SMP Negeri 1 Bojong terdapat tenaga bimbingan dan konseling yang tugasnya membantu memecahkan masalah yang dihadapi siswa, mengembangkan dan memberikan arahan kepada siswa mengenai bakat minat yang dimiliki, melatih mental siswa-siswi agar menjadi pribadi yang baik.
d.      Layanan Kantin dan Koperasi
Di SMP Negeri 1 Bojong juga terdapat Kantin dan koperasi sekolah yang memadai yang dapat menunjang kebutuhan peserta Didik.
e.       Layanan Keamanan
Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan sekolah SMP Negari 1 Bojongnmempunyai satu pos satpam yang terletak di pintu gerbang utama. Selain itu ada juga penjaga sekolah yang tugasnya menjaga keamanan, kenyamanan dan  kebersihan sekolah.


























BAB IV
PENUTUP

A.      Simpulan
Dari semua hasil observasi mengenai Manajemen Sekolah di SMP Negari 1 Bojong, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar manajemen  sudah berjalan dengan baik. Manajemen sangat penting diperhatikan bagi sekolah. Pentingnya manajemen sekolah adalah membantu memperlancar pencapaian tujuan sekolah agar tercapai secara efektif dan efisien. Dari hasil tersebut terbukti bahwa manajemen sekolah sangat penting dalam suatu lembaga pendidikan terutama pengaruhnya terhadap hasil (output).  Dengan manajemen sekolah yang baik tercerminlah mutu dan kualitas sekolah tersebut, dalam hal ini  SMP Negeri 1 Bojong yang menjadikannya dapat diperhitungkan untuk bersaing dengan sekolah.
Manajemen sekolah di SMP Negeri 1 Bojong sangat penting dalam rangka kegiatan organisasi sekolah karena di situ lebih ditekankan bagaimana cara dapat mempengaruhi , mengajak orang lain serta mengatur hubungan dengan orang lain agar bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam hal ini kendali dipegang oleh seorang manajer. Kepala sekolah sebagai manajer hendaknya dapat menerapkan pola kepemimpinan yang efektif. Kepemimpinan yang efektif dalam manajemen sekolah sangat dibutuhkan untuk memberdayakan segala sumber daya manusia, dana, serta fasilitas yang ada.
B.       Saran
1.      Kepala SMP Negeri 1 Bojong diharapkan dapat berkoordinasi dengan wakil serta pelaksana lain agar manajemen sekolah dapat berjalan dengan baik.
2.      Diharapkan kepada semua guru, staff TU dan Karyawan SMP Negeri 1 Bojong dapat meningkatkan kinerjanya dalam proses manajemen sekolah sehingga mampu menjadikan SMP Negeri 1 Bojong sebagai sekolah yang efektif dan efisien.
3.      Segala hambatan yang muncul harus dapat disikapi secara cermat oleh manajer sekolah.

LAMPIRAN

IMG-20131104-00005.jpgIMG-20131104-00008.jpg
Foto-0631.jpg969409_227663954088778_87703086_n.jpg

3 komentar:

  1. terimakasih..bermanfaat banget

    BalasHapus
  2. Casino Roll | Play and Get Exclusive Bonuses | Rake.com
    Casino Roll will let you earn real cash and bonuses from bet surface area real 토토 검증 먹튀 랭크 money 캔토토 play and 토토 배당률 보기 getting free coins 유로 스타 도메인 and money to play for free at the Casino Roll.

    BalasHapus
  3. William Hill Betting Locations | Mapyro
    Find William Hill sports goyangfc betting locations in Maryland, West Virginia, apr casino Indiana, Pennsylvania, South Dakota, West 메이피로출장마사지 Virginia https://septcasino.com/review/merit-casino/ and more. BetRivers.com. หารายได้เสริม

    BalasHapus